Lensapena.Info,Masamba,Sulsel–Banjir bandang yang melanda Kecamatan Masamba kabupaten Luwu Utara pada Senin 13/7/2020 disebabkan meluapnya sungai Rongkong di Sabbang, sungai Meli di Radda dan sungai Masamba akibat curah hujan yang tinggi di Masamba masih menyisahkan duka dan trauma bagi korban bencana.

Tim Sar dan Penanggulangan Bencana Dewan Pimpinan Pusat ( DPP ) Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia ( BAIN HAM RI ) dan Public Safeti Center (PSC) 119 Kota Palopo Sulawesi Selatan yang dipimpin dr.Andi Fadly ini telah bergerak pasca kejadian dan telah memberikan pertolongan medis ,distribusi bantuan dan saat ini untuk memulihkan trauma warga tim mengelar trauma healing bagi korban anak-anak dan dewasa dengan berbagai game dan disambut dengan semangat bagi korban bencana dengan teriakan Masamba Hebat dan Masamba keren.

Tim di lokasi dibagi dalam 3 tim kecil yang terdiri dari tim evakuasi, tim logistik dan tim mobile klinik. Tim evakuasi melakukan evakuasi kepala korban selamat dan korban meninggal dunia,Tim logistik menyiapkan dapur umum dan posko logistik serta tenda pengungsian. Tim mobile klinik melakukan pertolongan kegawatdaruratan.

Posko yang terletak di desa radda mencakup 6 dusun yaitu dusun radda, dusun lewadi, dusun roa, dusun petambua, dusun bone, dusun meli. Jumlah KK yang terdampak 1876 KK dan 5.234 nyawa. Sampai saat ini korban meninggal dunia 43 orang dan korban hilang 427 orang.

Kordinator tim ,dr.Andi Fadly,Mengatakan Kebutuhan masyarakat saat yang sangat mendesak adalah perlengkapan bayi dan anak, sembako, perlengkapan dapur, perlengkapan kamp pengungsi danobat obatan serta air bersih.

Selain mengelar Trauma Healing tim juga saat ini bersama sama membuat WC umum, sanitasi air bersih, mushollah serta hunian sementara.ungkap dr.Andi Fadly

Bagi masyarakat atau dermawan yang peduli kemanusian di Masamba Kabupaten Luwu Utara yang ingin berdonasi untuk memberikan bantuan bisa melalui kami atau lewat Bank mandiri cab. Palopo dengan Nomor rekening 1700003467499 Atas nama dr. Andi Fadly,semoga bantuan yang di berikan dapat mengurangi beban korban,(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *